Type something and hit enter

By On

Mengenal virus, monera, dan protista



Mengenal apa itu Virus, Monera, dan Protista
Virus
Flu merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus. Virus sangat unik sehingga tidak cocok dengan salah satu dari lima kingdom. Mereka tidak mengandung bagian dari lima kingdom. Satu-satunya karakteristik yang dimiliki virus adalah kemampuannya untuk bereproduksi. Virus pada dasarnya adalah agen infeksius yang memiliki kemampuan untuk mengambil alih fungsi sel.
Untuk bereproduksi, virus harus terpapar ke sel inang. Mereka menyuntikkan DNA ke dalam sel inang. Suntikan ini menyebabkan sel inang meninggalkan fungsinya dan melakukan fungsi yang sama dari virus. Ketika kalian memiliki virus di dalam tubuh kalian, biasanya kalian akan menunjukkan beberapa jenis gejala, misal batuk dan pilek. Gejala sel diambil alih oleh virus. Setelah virus mulai mengambil aktivitas seluler, sangat sulit hal ini untuk dihentikan.
Virus adalah topik yang sangat kontroversial. Mereka bukan makhluk hidup karena tidak mengandung sel, tidak makan, dan mereka tidak melakukan banyak fungsi yang dilakukan makhluk hidup. Namun, virus bereproduksi, dan fakta ini cukup baik bagi sebagian ilmuwan untuk meyakini bahwa virus memang hidup.
Monera
Kingdom Monera terdiri dari semua bakteri. Bakteri adalah organisme bersel satu yang terbuat dari komponen yang sangat sederhana. Mereka sering kekurangan nukleus dan membran sel. Bakteri bersifat universal karena mereka dapat ditemukan di mana-mana. Mereka bahkan ada yang hidup di udara yang kalian hirup. Ada beberapa bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit dan ada beberapa bakteri yang sangat penting bagi kita untuk bertahan hidup. Bakteri membantu memecah materi mati dan juga makanan dalam sistem pencernaan kita.
Sebagian besar organisme di kingdom Monera dapat bereproduksi melalui proses yang disebut fisi. Ini berarti bahwa satu sel menyalin DNA-nya dan kemudian membelah menjadi dua sel yang identik. Karena setiap sel berasal dari sel sebelumnya, tidak ada banyak perbedaan di antara jenis monera tertentu. Beberapa bakteri moneran bereplikasi setiap 20 hingga 40 menit.

Bakteri kingdom Monera memiliki beberapa karakteristik yang sangat unik dan menarik. Mereka dapat ada hampir di mana saja dan sangat toleran terhadap suhu yang sangat tinggi dan rendah. Beberapa monera memiliki kemampuan untuk bergerak menggunakan flagela mereka tetapi yang lain tidak dapat bergerak sendiri.
Ada beberapa monera yang bisa membuat makanan sendiri tetapi bakteri tidak bisa. Bakteri memakan benda mati dan membusuk. Bakteri biru-hijau atau ganggang biru-hijau adalah jenis bakteri moneran khusus yang dapat menghasilkan makanan sendiri melalui fotosintesis. Ini karena bakteri biru-hijau mengandung klorofil.
Protista
Meskipun beberapa memiliki banyak sel, sebagian besar protista adalah organisme bersel satu atau bersel tunggal. Sel-sel ini memiliki nukleus dan dikelilingi oleh membran sel. Protista bisa sangat kecil atau panjangnya hingga 100 meter. Beberapa memiliki kemampuan untuk membuat makanan sendiri sementara yang lain bergantung pada organisme lain untuk makanan. Untuk alasan ini, protista sering dikelompokkan dalam kelompok "protista mirip binatang", "protista mirip tumbuhan", atau kelompok "protista mirip jamur".
Protista seperti binatang adalah mereka yang tidak bisa membuat makanan sendiri. Protista ini memiliki kemampuan untuk bergerak sendiri dan sering dibagi lagi menjadi kelompok berdasarkan bagaimana mereka bergerak.
Protista mirip tumbuhan adalah mereka yang membuat makanan sendiri menggunakan sinar matahari dan air. Mereka dapat hidup di air atau di pohon. Mereka sangat penting karena mereka menghasilkan oksigen yang dibutuhkan banyak makhluk hidup untuk bertahan hidup.
Organisme dalam kelompok seperti jamur mengandung zat yang disebut kitin di dinding sel mereka. Zat ini memberi mereka bentuk. Beberapa bentuk jamur dan jamur dianggap protista mirip jamur.


Click to comment