-->

Type something and hit enter

By On
Mengenal Apa Itu Gerhana Bulan
Apa itu gerhana bulan?
Gerhana bulan hanya dapat terjadi pada bulan purnama. Gerhana bulan total dapat terjadi ketika Bumi dan bulan sempurna. Apa pun yang kurang sempurna menciptakan gerhana bulan parsial atau tidak ada gerhana sama sekali. Pemahaman sederhana tentang mekanika langit sederhana menjelaskan cara kerja Gerhana Bulan.


Karena ada bidang yang sedikit berbeda dari orbit Bumi di sekitar matahari, penyelarasan sempurna untuk gerhana tidak terjadi pada setiap bulan purnama. Gerhana total berkembang dari waktu ke waktu, biasanya beberapa jam untuk keseluruhan acara. 
Begini cara kerjanya: Gips bumi, umbra adalah bayangan gelap yang penuh. Penumbra adalah bayangan luar sebagian. Bulan melewati bayangan ini secara bertahap. Tahap bayangan awal adalah ketika bulan berada dalam bayangan umbral, yang tidak begitu terlihat, sehingga tidak begitu terlihat.
Gerhana total adalah kejadian kebetulan kosmik. Sejak bulan terbentuk, sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu, ia telah beringsut menjauh dari planet kita (sekitar 1,6 inci, atau 4 sentimeter per tahun). Pengaturan saat ini sudah sempurna. Bulan adalah jarak yang sempurna untuk penutup bayangan Bumi secara total, tetapi nyaris. Miliaran tahun dari sekarang, itu tidak akan terjadi.
Menurut NASA, dua hingga empat gerhana matahari terjadi setiap tahun, sedangkan gerhana bulan lebih jarang terjadi. "Dalam satu tahun kalender, jumlah gerhana maksimum adalah empat matahari dan tiga bulan," kata agensi itu. Namun, sementara ada sekitar 50 mil jalur lebar di sepanjang pantai, setiap gerhana bulan terlihat dari lebih dari setengah Bumi.

Jenis gerhana bulan
1. Gerhana bulan total: Bayangan penuh bumi (umbral) jatuh di bulan. Bulan tidak akan hilang sepenuhnya, tetapi akan menjadi kegelapan yang menakutkan yang membuatnya mudah untuk dilewatkan jika kami tidak mencari gerhana. Atmosfer bumi tersebar dan dibiaskan, atau ditekuk, dan difokuskan kembali pada bulan, memberikan cahaya redup bahkan selama totalitas. Jika kami berdiri di bulan, melihat kembali ke matahari, kami akan melihat cakram hitam bumi menghalangi seluruh matahari, tetapi kami juga akan melihat cincin cahaya dipantulkan di sekitar tepi bumi - itulah cahaya yang jatuh di bulan saat gerhana bulan total.

2. Gerhana bulan parsial: Beberapa gerhana hanya sebagian. Tetapi bahkan gerhana bulan total melewati fase parsial di kedua sisi totalitas. Selama fase parsial, matahari, Bumi dan bulan tidak sepenuhnya selaras, dan bayangan Bumi tampaknya menjadi gigitan dari bulan.

3. Gerhana bulan Penumbral: Ini adalah jenis gerhana yang paling tidak menarik, karena bulan berada di bayangan luar Bumi yang redup. kami tidak akan melihat efeknya, yang kemungkinan akan dinaungi oleh bayangan Bumi.

Cara menyaksikan gerhana bulan
Gerhana bulan adalah salah satu peristiwa yang paling mudah diamati untuk mengamati langit. Cukup keluar, lihat ke atas dan nikmati. kami tidak memerlukan teleskop atau peralatan khusus lainnya. Namun, teropong atau teleskop kecil akan memunculkan detail di permukaan bulan - mengamati bulan sama menariknya saat gerhana. Jika gerhana terjadi selama musim dingin, gabungkan jika kami berencana untuk keluar selama durasi - gerhana dapat berlangsung beberapa jam untuk membuka. Bawa minuman hangat dan selimut atau kursi untuk kenyamanan.
Pastikan juga langit cerah agar pemandangan gerhana bulan saat itu dapat terlihat dengan jelas dan bersih. Jika keadaan mendung atau hujan, jangan berharap kalian akan mendapat gerhana.

Click to comment