Type something and hit enter

By On

Mengenal Aljabar dalam Dunia Matematika

Aljabar adalah dasar untuk semua tingkat matematika yang lebih tinggi. Untuk memahami bidang matematika apa pun, kalian harus bisa berbicara aljabar, yang melibatkan hal-hal seperti menyelesaikan persamaan, mengisolasi variabel, dan menyederhanakan ekspresi.


Apa itu Aljabar Dasar?
Aljabar dasar adalah bidang matematika yang satu langkah lebih abstrak daripada aritmatika. Ingat bahwa aritmatika adalah manipulasi angka melalui fungsi matematika dasar. 

Aljabar memperkenalkan variabel, yang merupakan angka tak dikenal untuk seluruh kelompok angka. Aritmatika mengajukan pertanyaan seperti 2 + 5 =? Aljabar, di sisi lain, mengajukan pertanyaan seperti: Jika x + 5 = 7, berapakah nilai x? Alih-alih menjawab hal yang dasar, kita harus melakukan pekerjaan tambahan untuk menyelesaikan sesuatu yang tidak diketahui.
Aljabar juga merupakan bidang gerbang matematika. Setelah kalian menguasai dasar-dasarnya, kalian memiliki alat untuk berbicara tentang tingkat pemahaman dan latar belakang yang lebih tinggi untuk dibangun. Dalam artikel ini sebagian besar akan membahas contoh-contoh tugas yang paling sering dilakukan dalam aljabar.

Ketentuan Operasi Hitung Aljabar
Untuk menambah atau mengurangi bilangan dalam aljabar, ketentuan harus terpenuhi dahulu, yang memiliki variabel yang sama dan dinaikkan ke posisi yang sama. Jika kalian memiliki ketentuan seperti kalian akan menambah atau mengurangi angka yang dilampirkan ke variabel, yang disebut koefisien. Variabel itu sendiri tidak berubah. Mari kita lihat sebuah contoh:

-3x + 4y + 5x-3y misalnya,
Pada langkah pertama, seperti yang kalian lihat, kami mengatur ulang ketentuan kami untuk mengelompokkannya dengan persyaratan serupa. Setelah itu, kami menulis ulang istilah seperti untuk memiliki hanya koefisien di dalam tanda kurung dan variabel di luar. Ini tidak perlu, tetapi membantu untuk menunjukkan matematika yang kami selesaikan di langkah terakhir kami untuk sampai pada jawaban 2x + y.

Jenis matematika ini disebut ungkapan penyederhanaan. Ketika kalian melihat ekspresi aljabar seperti ini, penting untuk memikirkan tanda-tanda + dan - yang melekat pada suatu istilah. Pertimbangkan yang berikut ini:

ekspresi yang setara.
Setiap kali kita mengurangi angka dari yang lain, kita dapat mengatur ulang itu seperti yang baru saja kita lakukan. Angka yang dikurangi menjadi angka negatif, dan angka yang kita kurangi ditambahkan ke angka negatif. Selama kalian menyimpan tanda yang melekat pada ketentuannya, kalian tidak mengubah nilai persamaan bilangan yang kalian miliki.
Mari kita pertimbangkan satu contoh lagi:

Perhatikan baik-baik contoh ini. Kami memiliki tiga variabel berbeda untuk dipikirkan: n, x, dan nx. Kami tidak dapat menggabungkan ketiga dari ini bersama-sama, jadi kami dibiarkan dengan tiga istilah di akhir. Dapatkah kalian melihat bagaimana kami menerapkan langkah-langkah yang sama seperti sebelumnya untuk sampai pada jawaban ini?

Ketentuan Perkalian Aljabar
Untuk melipatgandakan atau membagi bilangan, kalian tidak harus memiliki bilangan tertentu. Ini berbeda dari penjumlahan dan pengurangan, jadi berhati-hatilah! Lihatlah contoh perkalian dasar berikut dengan variabel:

Kita harus mengalikan setiap bagian dari persamaan di dalam tanda kurung dengan 2, dan contoh ini menunjukkan bahwa terjadi di langkah kedua, di mana ia pergi dari (x + 5) * 2 ke (2 * x) + (2 * 5). Setelah kami mengalikan, jawaban akhir kami adalah 2x + 10 sederhana.
Aljabar menjadi salah satu materi matematika yang bisa dibilang cukup rumit. Namun, pemanfaatanya dalam kehidupan juga cukuplah banyak.

Click to comment